Penyebab Airbag Mobil Tidak Mengembang

Airbag atau disebut juga dengan kantung udara pada setiap kendaraan roda empat sangat diperlukan. Bukan hanya sebagai perlengkapan keselamatan saja, akan tetapi fungsinya juga bisa mencegah benturan pada pengemudi dan penumpangnya. Adanya airbag ini bisa meminimalisir resiko cedera yang mungkin terjadi.

Namun, sering ditemukan permasalahan mengenai airbag mobil tidak mengembang saat terjadi kecelakaan. Ya, meskipun kecelakaan yang terjadi menyebabkan mobil rusak parah. Faktanya memang sistem teknologi pada airbag mobil dirancang tidak mudah mengembang. Pada kondisi tertentu saja Ia bisa mengembang, kalau terlalu mudah mengembang juga tidak baik untuk pengemudinya.
Penyebab Airbag Mobil Tidak Mengembang
Penyebab Airbag Mobil Tidak Mengembang. (foto: viva.co.id)
Ada beberapa kecelakaan yang menyebabkan airbag tidak mengembang seperti yang seharusnya. Dan anda pun tidak perlu mengkhawatirkannya, yang terpenting adalah menjaga sabuk pengamen agar tetap terpasang.

Menabrak Tiang
Airbag tidak akan mengembang saat mobil anda menabrak tiang, pohon, pilar atau lainnya tepat di bagian tengah kendaraan. Sensor airbag diletakkan bukan di tengah, akan tetapi berada bagian kanan dan kirinya. 

Tabrakan depan dengan posisi miring.
Yang kedua adalah tabrakan dari depan dengan arah miring ke kiri atau ke kanan. Ditambah sudut kemiringannya di atas 30 derajat tidak akan menghidupkan sensor airbag untuk mengembang. Contoh tabrakan depan dengan posisi miring ini adalah ketika mobil menabrak pembatas jalan di sisi kanan atau kiri. 

Ditabrak dari belakang
Sensor airbag pun tidak akan menyala ketika terjadi benturan dari belakang, samping atau terguling. Akhirnya airbag tidak akan mengembang, dan saat kondisi itu terjadi, anda membutuhkan sabuk pengaman. Penggunaan sabuk pengaman dan sandaran kepala yang baik dapat menjaga tubuh dan leher agar tidak terbentur.

Sebaliknya, airbag pada mobil akan mengembang saat terjadi tabrakan dengan kecepatan 20-30 km/jam atau bahkan lebih terhadap benda yang tidak bergeser seperti dinding beton yang keras. Selain itu bisa juga airbag mengembang saat tabrakan frontal dari arah depan kanan atau kiri dengan sudut tidak lebih dari 30 derajat. Semoga Bermanfaat.
Share on Google Plus

About Back Space

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar